Pulau Tabuhan Banyuwangi - Keindahan Surga Kecil di Tengah Laut


Pulau Tabuhan Banyuwangi
Pulau Tabuhan Banyuwangi
Hey Traveler,  Kali ini kita akan ajak kalian untuk berlibur di pulau tabuhan, salah satu wisata Kabupaten Banyuwangi yang tak boleh kalian lewatkan , Destinasi Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi banyak dibicarakan oleh para traveler, baik wisatawan lokal maupun turis mancanegara. Pulau ini tidak memiliki penghuni dan Pulau yang hanya memiliki luasan sekitar 5 hektar ini memang menjanjikan keindahan wisata alam Banyuwangi yang masih sangat natural. Akses ke Pulau Tabuhan Lokasi Pulau Tabuhan Banyuwangi hanya berjarak kurang lebih 20 km ke arah utara dari pusat kota Banyuwangi. Letak Pulau Tabuhan berada di Selat Bali, tepat di tengah-tengah di antara Pulau Bali dan Banyuwangi, termasuk di dalam wilayah Desa Bangsring Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Akses ke Pulau Tabuhan Banyuwangi bisa ditempuh dengan menyeberang menggunakan perahu, dari Pantai Kampe di Kecamatan Wongsorejo, dari Pantai Bangsring di Kecamatan Wongsorejo, atau Pantai Watudodol di Kecamatan Kalipuro. Kesemuanya berada di wilayah utara Kabupaten Banyuwangi. Menyeberang ke pulau Tabuhan dari daratan Banyuwangi hanya

membutuhkan waktu sekitar 35-45 menit saja, Perahu yang digunakan biasanya adalah perahu nelayan berkapasitas 10-12 orang.  sebaiknya anda berangkat pagi hari agar bisa puas menikmati keindahan Pulau Tabuhan.

Selain pemandangan yang indah, pulau ini menjadi surga baru bagi pecinta olahraga air ekstrim yaitu kitesurfing dan Windsurfing. karna kecepatan angin yang kencang sekitar 20-25 knot, minimnya batu karang serta ombak tidak begitu besar.menjadikan tempat yang cocok untuk aktifitas kitesurfing (selancar layang) dan windsurfing (selancar angin).Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah beberapa kali menyelenggarakan event kitesurfing dan windsurfing di Pulau Tabuhan. Event ini diikuti oleh peserta dari puluhan negara, dan disupport oleh sejumlah perusahaan besar di industri selancar dunia, seperti Best Kiteboarding, Huna Boards, Rip Curl, Rip Curl School of Surf, Airush, Beach Hut and Surftime, dan Freedom Kiteboarding Magazine.

Pulau Tabuhan Banyuwangi
Pulau Tabuhan Banyuwangi

Selepas kalian sampai di Pulau Tabuhan, kalian akan disambut oleh pasir putih nan indah yang menyelimuti seluruh pulau, pasir pulau tabuhan sendiri berbeda dengan pasir di pantai-pantai utara Banyuwangi yang biasanya berwarna gelap. Kemudian Alam bawah lautnya juga tak kalah indah untuk ditelusuri, Surga Terumbu Karang yang menghiasi keindahan bawah lautnya yang akan memanjakan mata kalian. Tak sedikit pula penyelam scuba diving juga menjelajah laut sekitar pulau dengan hamparan terumbu karang yang indah ini. Disini kalian hanya dengan snorkeling mulai dari kedalaman 2 meter saja, kalian sudah bisa menyaksikan indahnya kebun laut dengan aneka warna serta aneka jenis terumbu karang, yang menjadi hunian ribuan spesies ikan hias yang berwarna-warni, udang karang, bunga karang, dan berbagai tumbuhan laut lainnya. Semakin dalam lautnya, makin indah dan makin bervariasi terumbu karang maupun ikan-ikannya.  Air laut di sekitar Pulau Tabuhan sangat jernih, dengan degradasi warna mulai bening, hijau muda, biru muda, sampai biru gelap, tergantung kedalaman dan hamparan yang ada di dasarnya.

Snorkling Pulau Tabuhan Banyuwangi
Snorkling Pulau Tabuhan Banyuwangi

Dengan keindahan alam dan airnya yang jernih, membuat para pengunjung yang datang benar-benar tersihir oleh pesona di pulau ini, dan luasnya hamparan pulau ini menjadikan paket tersendiri untuk anda yang ingin jauh sejenak dari kebisingan kota untuk mencari sebuah ketengan alami. Pulau Tabuhan cocok juga untuk berjemur, sekedar berenang di pinggir pantai, berjalan-jalan, dan mengamati flora dan fauna. Pepohonan di pulau ini tak terlalu rimbun namun cukup teduh, aneka burung bisa kita temukan di sini. Bahkan menurut kabar, beberapa wisatawan pengamat burung pernah menjumpai burung maleo, yang biasanya hanya ada di Pulau Sulawesi. Tak jarang pengunjung juga berlama-lama di pulau ini untuk bisa menyaksikan matahari terbenam, bahkan berkemah di pulau yang tak berpenghuni ini.

4 comments:

POPULER POST