Pantai Pulau Merah - Menikmati Sunset Of Java

Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah
Buat kalian yang ingin menikmati liburan menarik, ini nih tempat yang paling cocok buat kalian untuk berlibur dan bersantai sembari  menikmati pemandangan yang indah, dan juga bisa berjemur disini ataupun menyusuri pantai seraya menonton aksi para peselancar, silakan datang aja ke pantai Pulau Merah, Banyuwangi. Tempat wisata yang kini menjadi primadona di kota Gandrung  ini berhasil memikat Wisatawan lokal dan mancanegara untuk berlibur dimari, Wisatawan juga bisa menikmati sensasi berjemur dengan alas kursi kayu dan payung peneduh layaknya di Kuta. Di kala petang, pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunset di Pantai Pulau Merah. Sunset menjadi salah satu pemandangan spektakuler yang disuguhkan tempat ini. Apalagi suasana yang sejuk dan ditemani dengan jejeran pegunungan hijau membuat pengunjung seperti berada di surga dan ditambah pula dengan kejernihan airnya yang akan membuatku suka berlama-lama disini.
Tempat wisata pantai pulau merah ini terdapat di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, JawaTimur, Indonesia. pantai unik
di Banyuwangi ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat Jawa Timur. Ombak yang menggulung di pantai ini merupakan salah satu destinasi yang disukai wisatawan mancanegara, khususnya mereka yang menyukai olahraga selancar (surfing).

Salah satu ciri khas pantai Pulau Merah adalah sebuah bukit kecil yang terletak tak jauh dari bibir pantai. Pulau Merah dikenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut, Jaraknya sangat dekat, hanya 100 meter dari bibir pantai. Cukup dengan berjalan kaki saja.
Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah

Latar bukit yang berwarna kemerahan inilah yang menyebabkan objek wisata tersebut dikenal sebagai Pantai Pulau Merah. Bukit ini ditumbuhi oleh tanaman berwarna hijau sehingga menutupi warna merahnya. Ada juga yang mengatakan disebut pulau merah karena tepi bebatuan tampak seperti berwarna merah, tapi perlu kalian tahu bahwa dulu nama pulau pulau ini bukanlah pulau merah, melainkan Pantai Ringin Pitu, nah Pergantian namanya menjadi Pulau Merah didasari dua versi. Ada yang mengatakan karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter itu. Sebagian lagi menyebutkan, konon dari Pulau Merah yang ada di hadapan pantainya (sekitar 100 meter) itu dahulunya pernah terpancar cahaya merah sehingga warga sekitar menamainya Pulau Merah. Pulau Merah juga mempunyai pasir yang berwarna kemerah merahan dan Salah satu kelebihan dari Pantai Pulau Merah adalah terdapatnya gugusan pulau – pulau sehingga sejauh mata kita memandang tidak langsung disuguhi lautan lepas. Di saaat musim kemarau tiba, pulau-pulau tersebut tampak memantulkan cahaya kemerahan ketika terkena sinar matahari, terutama akan terlihat pada sore menjelang matahari terbenam. 

Pantai Pulau Merah
Selancar Pantai Pulau Merah

Yang lebih keren lagi dari pulau merah ini adalah ombaknya yang tinggi pada bulan April hingga bulan September dan tidak memiliki banyak batu karang seperti di Plengkung sehingga Pantai Pulau Merah lebih aman bagi peselancar termasuk pemula. Dan ombaknya lebih bergulung (hingga setinggi 4-5 meter dan panjang 300 meter) di mana itu memungkinkan peselancar melakukan manuver dengan teknik tubes. Tak salah jika pantai ini disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di Jawa Timur bahkan di Indonesia sehingga cocok untuk kegiatan selancar. Ombak di Pantai Pulau merah dipastikan bisa menjadi tujuan peselancar pemula, amatir maupun profesional. Pantai ini memang dipersiapkan sebagai salah satu tempat surfing di Banyuwangi. Hal ini telah dibuktikan dengan diselenggarakannya Red Island Banyuwangi International Surf Competition 2013 yang diikuti peserta dari 20 negara.
Bagi yang belum pernah sama sekali belajar berselancar juga tak perlu khawatir karena banyak pemandu yang siap membantu anda sekaligus sewa peralatan. Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa papan selancar di sini cukup murah, karena papan selancar tersebut dapat digunakan seharian penuh.

Pantai Pulau Merah
Banana Boat Pantai Pulau Merah

Kawasan pantai Pulau Merah ditunjang dengan aneka permainan baru yang akan membuatmu ingin mencobanya, seperti ocean bumper, parasailing, dan permainan bawah air powerdive. Terdapat juga fasilitas umum, di antaranya toilet , mushola , payung dan tempat berjemur yang disewakan pihak pengelola. pantai ini juga dilengkapi dengan pengiapan dan hotel yang banyak dijumpai dengan mudah di dekat pantai. Ada pula guest house hingga homestay yang dapat dipilih.
Kegiatan lain yang dapat dilakukan di sini adalah memancing. Wisatawan bisa menyewa perahu tradisional untuk memancing. Ataupun kalian bisa menyewa perahu tersebut untuk sekedar berkeliling Pantai Pulau Merah , Bagi yang suka olahraga, bersama-sama anggota keluarga atau teman bisa mencoba sensasi bermain voli pantai atau pun sepak bola.
Wisatawan dapat bersantai di pantai sambil merasakan tiupan angin pantai dan menyaksikan keindahan panorama. Dengan garis pantai sepanjang 3 km, bebatuan karang di pantai ini menambah eksotisme Pulau Merah selain bukit hijau yang nampak asri.

Sunset Pantai Pulau Merah
Sunset Pantai Pulau Merah

Di kala hari petang, pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunset di Pantai Pulau Merah. Pesona sunset bisa dikatakan salah satu pemandangan spektakuler yang disuguhkan tempat ini.

Sunset Pantai Pulau Merah
Sunset Pantai Pulau Merah

Pada saat sunset, akan nampak semburat sinar jingga kemerahan dari balik Pulau Merah yang akan  menjadikan momen yang sangat indah bagi siapa pun yang memandangnya. Bagi penggemar fotografi, jangan lupa persiapkan kamera untuk mengabadikan momen indah tersebut.

No comments:

Post a Comment

POPULER POST