Pantai Parang Kursi Banyuwangi


Pantai Parang Kursi  Banyuwangi
Pantai Parang Kursi  Banyuwangi
Pantai Parang Kursi tempat wisata yang masih dibilang baru di banyuwangi, Banyuwangi memang tak henti-hentinya memberikan tempat wisata yang akan memanjakan para pengunjung dan memberi kesan luar biasa bila berlibur di Kota Banyuwangi. Parang kursi merupakan salah satu pantai yang terletak di wilayah Desa Pesanggaran Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Pantai yang indah dengan karang besar ditengah menyerupai kursi membuat pantai ini diberi nama Parang Kursi oleh penduduk sekitar.  Pantai Parang Kursi sendiri masih terdengar asing bagi masyarakat banyuwangi, karena pantai ini kalah pamor dengan pulau merah.Sebenarnya lokasi pantai ini terletak diantara dua pantai yang terkenal di Banyuwangi, yaitu Pantai Lampon dan Pantai Pulau Merah.
Tapi keindahannya tidak kalah bagus dengan pulau merah. Lokasinya yang tersembunyi dan tidak ada sarana prasarana yang menuju ke Pantai Parang Kursi membuat pantai ini sepi akan pengunjung dan masih sangat asri.
Diambilnya nama Parang Kursi dikarenakan adanya karang besar yang berbentuk seperti kursi. Akhirnya bupati Abdullah azwar anas meresmikan nama pantai ini menjadi pantai Parang Kursi. Ada mitos di balik karang besar
yang ada di bibir pantai Parang Kursi. Konon, nyi roro kidul muncul ke dunia ini dari dunia jin di tempat ini.
Pantai Parang Kursi  Banyuwangi
Pantai Parang Kursi  Banyuwangi

Ada hal unik yang akan kaian temui disini, yaitu ketika kalian berada di karang yang berbentuk kursi tersebut terdapat air laut yang menyembur ke atas, tapi uniknya air yang menyembur tersebut rasanya tidak asin, melainkan tawar.

Untuk mencapai lokasi Parang Kursi kalian bisa melewati Pantai Lampon, karna dari Pantai Lampon aksesnya akan lebih mudah. Kendaraan anda harus dititipkan di pantai lampon dan melanjutkan perjalanan  dengan berjalan kakimengikuti jalan setapak yang merupakan jalur pegunungan Tumpang Pitu. Kalian tidak usah kuatir karna selama perjalanan ada petunjuk arah yang akan mengantar kalian ketujuan. Selanjutnya kalian juga harus sewa perahu untuk menyebrangi muara, Setelah menyebrangi muara kalian masih akan berjalan sekitar 1 KM lagi untuk sampai ke tempat ini. Tapi jangan risau, perjalanan panjang dan rasa lelah kalian akan hilang sirna ketika sampai di Pantai Parang Kursi ini. Keindahan air lautnya yang sangat jernih dan keasrian alamya yang belum tersentuh serta masih sepi akan pengunjung membuat membuat kalian merasa betah untuk berlama-lama disini.
Ayo buruan bergegas kesini,
Nimati alam indahmu !!!

No comments:

Post a Comment

POPULER POST