Kawah Ijen - Menikmati Keindahan Puncak Gunung Ijen

Kawah Ijen
Kawah Ijen
Bingung mau liburan dimana?? Kawah Ijen jawabannya.
Keindahan Kawah Ijen akan membuat liburanmu akan terasa terkesan dan menyenangkan, disana yang menyimpan segudang pesona keindahan alam Indonesia. mari ikuti beberapa ulasan kita agar kalian tahu terlebih dahulu tentang Kawah Ijen sebelum kalian berlibur disana.
Wisata Kawah Ijen ini terletak di puncak Gunung Ijen yang berada pada 3 kabupaten di Jawa Timur. Tiga kabupaten tersebut adalah Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso . Nama Kawah Ijen Sendiri adalah nama kawah di Gunung Ijen, Perlu diketahui bahwa kawah ijen merupakan kawah sebuah gunu terasam di dunia. Gunung Ijen sendiri merupakan salah satu gunung api yang aktif yang berada di provinsi tersebut dan. Gunung api yang memiliki tinggi 2.443 m di atas permukaan air laut, Memiliki dinding kaldera setinggi 300-500 meter sedangkan luasnya mencapai 5.466 hektar. Untuk ukuran kawahnya sendiri kurang lebih 20 km. Kawah tersebut memiliki kedalaman sekitar 300 meter di bawah dinding kaldera.
Kawah Ijen merupakan objek wisata yang dikenal para wisatawan domestik ataupun wisatawan asing karena keindahannya. Destinasi wisata yang tak pernah
sepi akan pengunjung. Dari segi panorama alam, Anda tak perlu khawatir, karena wisata ini memiliki pesona alam yang sangat indah. para wisatawan akan disuguhkan pemandangan berwarna hijau toska dari danau kawah tersebut. Namun Anda harus berhati - hati dengan air kawah disini, Pasalnya, air belerang di Kawah Ijen memiliki volume air sekitar 200 juta meter kubik dan panasnya mencapai 200 derajad, sehingga ketika kita nekat untuk masuk kesana, pakaian kita akan meleleh, bukan hanya itu, bahkan kita sendiri juga akan meleleh.



Kemudian keindahan alam yang sangat ditunggu dan tak boleh terlewatkan adalah Blue Fire atau Api Biru, yang muncul ditengah-tengah penambangan, dan hanya bisa dilihat pada dini hari hingga menjelang pagi hari sekitar pukul 05.00. Fenomena Blue Fire sendiri hanya ada dua di dunia, di Gunung Ijen Indonesia dan di Islandia, maka tak heran kalau destinsi wisata ini sangat disukai oleh wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Untuk menikmati keindahan Blue Fire sebaiknya anda melakukan pendakian pada pukul 01.00-02.00 dini hari, dengan menahan dinginya udara pegunungan yang suhunya mencapai 10 derajad celcius, bahkan bisa mencapai 2 derajad celcius. Tentu ini tidak akan terasa dengan suguhan pemandangan yang akan Anda lalui selama perjalanan mendaki. Dan selepas anda menikmati keindahan Blue Fire anda juga bisa melihat keindahan sunrise yang sangat luar biasa.

Blue Fire Kawah Ijen
Blue Fire Kawah Ijen
Kemudian salah satu yang jadi perhatian disini yaitu karna banyaknya penambang belerang di sekitar gunung tersebut tentu menjadi pemandangan tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata tersebut. Anda dapat melihat aktivitas para penambang saat melakukan pekerjaannya. Mereka akan memotong bongkahan belerang yang telah mengeras dan membeku dengan alat yang sangat sederhana, linggis. Bongkahan belerang yang telah di potong kemudian di angkut (pikul) di atas pundak dengan menggunakan keranjang.

Penambang Belerang
Penambang Belerang

Sekitar 80-100 kg belerang mampu mereka bawa sekali pikul. Tidak sampai disitu, para penambang harus menyusuri jalanan setapak di tebing kaldera yang curam dan jarak tempuh yang lumayan jauh yaitu sekitar 3 km hingga sampai ke tempat pengepul belerang. Para penambang di perbolehkan menganggkut belerang hanya sebanyak dua kali sehari saja dengan alasan untuk keselamatan.

Cara Menuju Lokasi Wisata Kawah Ijen
Saat ini kita tak perlu khawatir dengan akomodasi untuk bisa sampai ke Kawah Ijen. Pasalnya untuk menuju ke satu destinasi yang ada di Banyuwangi ini sudah dimudahkan, sehingga bukan hal yang sulit lagi untuk pada pengunjung bisa sampai kesana.apalagi dukungan dari pemerintah setempat yang sangat besar untuk kemajuan dunia pariwisata yang ada di Banyuwangi. Bagi Anda yang berasal dari luar kota Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan menggunakan akomodasi pesawat terbang yang bisa transit di Bandara Juanda Surabaya untuk jalur penerbangan Internasional, atau bisa juga langsung transit di Bandara Blimbingsari Banyuwangi untuk jalur penerbangan lokal. setelah itu anda bisa menggunakan sarana transportasi darat.
Untuk rute pertama yang bisa Anda lalui dengan melakukan perjalaanan darat yaitu dari Banyuwangi menuju kecamatan Licin yang berjarak sekitar 15 km. Di rute ini, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor roda dua ataupun roda empat. Dari Kecamatan Licin, menuju patulding sekitar 18 km. Dari sini Anda bisa menyewa kendaraan bermotor jenis jeep double gardan karena jalan yang dilalui cukup berkelok dan menanjak. Perjalanan yang dilalui sekitar 1 jam barulah Anda akan sampai di Patulding yang merupakan pintu masuk untuk bisa ke Kawah Ijen.

Selain itu bagi Anda yang transit di Surabaya, Anda bisa melewati rute utara, yakni dari Situbondo menuju kecamatan Sempol Bondowoso melalui Wonosari. Kemudian dilanjutkan perjalanan ke patulding. Rute ini lebih mudah dilalui dan jalan masih mulus sehingga Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi tanpa harus menyewa mobil jeep. Jarak antara Situbondo menuju patulding sekitar 93 km, perjalanan tersebut memakan waktu sekitar 2,5 jam. Setelah sampai di Patulding, Anda bisa berjalan kaki sejauh 3 km menuju kawah Ijen.

Akses Kawah Ijen
Akses Kawah Ijen


Tips Berlibur ke Kawah Ijen
 sebaiknya dilakukan mulai dari subuh, karena perjalanan mendaki yang akan di tempuh cukup jauh dan melelahkan. Jika berangkat pada waktu sebelum matahari terbit maka Anda akan memperoleh bonus berupa pemandangan alam dan sunrise yang indah.
Tapi jika anda ingin melihat api biru, sebaiknya anda melakukan perjalan pada pukul 01.00-02.00 dini hari, karena Blue Fire akan terlihat jelas sampai pukul 05.00 atau sebelum matahari muncul.
Anda juga bisa menginap semalam terlebih dahulu di penginapan murah meriah yang ada di sekitar Pos Patulding. Pos ini di kelola oleh pihak pemerintah setempat (Dinas Kehutanan. Jika Anda ingin mendirikan tenda dan berkemah, Anda juga bisa melakukannya dengan terlebih dahulu meiminta izin. Biasanya di sekitar pos banyak pengunjung yang mendirikan kemah.
Gunakan penutup kepala dan telingan serta jaket untuk melawan suhu dingin , kemudianjangan lupa bawa masker, karna ketika anda melakukan pendakian , anda harus menyusuri jalan setapak tebing kaldera, kadang-kadang asap belerang tertiup angin melewati jalur tersebut. Jika musim hujan anda wajib membawa jas hujan, karna di sepanjang pendakian tidak ada tempat berteduh.

Kawah Ijen
Kawah Ijen


2 comments:

  1. keren, http://phishang.blogspot.co.id/ juga banyak tersedia tempat wisata seru bagi keluarga,

    ReplyDelete

POPULER POST