Air Terjun Legomoro - Wisata Perawan Yang Masih Asri Banget

Air Terjun Legomoro
Air Terjun Legomoro
Air Terjun Legomoro, Sebuah wisata air terjun yang sangat bagus di Kabupaten Banyuwangi yang pas banget dijadikan libuaran keluarga dan teman-teman anda. Sebuah wisata baru yang mesti anda coba, karna keindahan alaminya yang masih sangat asri belu terjamah oleh banyak wisatawan . Aliran air terjun Legomoro berasal dari salah satu sumber mata air yang muncul di sekitar kaki Gunung Raung.  Sebenarnya penduduk sekitar sudah sudah lama mengetahui keberadaan air terjun yang semula bernama Awet Ayu. Tapi, warga belum tercetus ide menggarap potensi destinasi wisata tersembunyi di balik belantara hutan pinus itu. Ide mengelola objek wisata air terjun baru muncul setelah sesepuh dusun berkeluh-kesah mencari solusi
bagaimana memanfaatkan potensi lokal demi mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Ide  direspons positif oleh seorang warga desa setempat bernama Wawi. Menurut Misri, sosok Wawi dikenal sebagai orang yang berpengalaman mengelola tempat pariwisata di Bali. Tak ingin kecolongan momentum, Wawi lekas menggelontorkan dana untuk membuka area semak belukar di sekitar air terjun tersebut.

Warga dusun yang terdiri atas 15 orang pun antusias bergotongroyong membuka akses ke lokasi air terjun kembar. Misri mengingatkan warga mesti menebas aneka jenis tumbuhan semak dan meratakan gundukan lahan yang semula menutupi aliran air terjun.

Air Terjun Legomoro belum terkenal seperti objek wisata Pantai Pulau Merah, Pantai Boom, Gunung Ijen, Wisata Waduk Sidodadi, atau Teluk Ijo. Maklum, air terjun ini baru dibuka pertengahan November 2016 lalu. Tapi setahap demi setahap mulai terdengar oleh para wisatawan. Selain merasakan aliran air yang segar, wisatawan bisa berenang di kolam buatan. Warga menyediakan ban pelampung dengan harga sewa tiga hingga lima ribu rupiah per ban pelampung.

Ada dua akses utama menuju lokasi Air Terjun Legomoro yang terletak di pelosok Desa Margomulyo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Anda bisa turun di Stasiun Glenmore atau Stasiun Sumber Wadung bila menggunakan jasa kereta api kelas ekonomi rute Surabaya-Banyuwangi. Jasa ojek menjadi opsi tunggal untuk mengantarkan pelancong ke lokasi air terjun.

Letak air terjun yang di pelosok desa membuat akses ke lokasi sedikit menyita energi. Anda mesti melewati secuil jalan makadam yang membelah hutan pinus mulai simpang tiga perbatasan antara Desa Bumiharjo dan Desa Margomulyo. jalan semacam ini justru menambah sensasi adventure menuju objek wisata baru di kaki Gunung Raung itu. Dan sesampainya di tempat tujuan suasana natural nan eksotis akan membayar semua perjalanan yang melelahkan sebelumnya.




No comments:

Post a Comment

POPULER POST